Jaga Momentum Positif Di Era Pasca Pandemi

by -52 Views

Neracabisnis.com,Jakarta, 4 Januari 2023 – Tahun 2022 merupakan tahun yang dipenuhi rasa optimisme tinggi karena seiring dengan usainya pandemi Covid-19. Setelah 2 tahun terakhir masyarakat dipaksa berkegiatan di rumah, tahun ini berangsur-angsur kehidupan sosial-ekonomi masyarakat sudah mendekati normal layaknya situasi sebelum pandemi. Namun di pertengahan tahun, optimisme ini terganggu lantaran fenomena banyaknya entitas bisnis digital yang melakukan melakukan efisiensi bisnis dan tenaga kerja.

IndiHome justru bisa terus bertumbuh positif dari semua sisi. Yang pertama adalah dengan pertumbuhan pelanggan baru IndiHome yang terus meningkat  bertambahnya jumlah pelanggan baru IndiHome yang mencapai lebih dari 550 ribu orang hingga akhir tahun 2022. “Artinya sepanjang tahun ini, tren konsumsi digital masyarakat tetap dalam tren meningkat,” kata Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, E. Kurniawan.

Secara spesifik, IndiHome mencatat konsumsi data masyarakat melalui IndiHome telah menembus 60 petabyte (60 juta gigabyte) dengan jumlah perangkat yang terhubung dalam jaringan IndiHome mencapai lebih dari 180 juta perangkat. Jumlah yang terkoneksi cukup besar mengingat jumlah pelanggan IndiHome hingga kuartal lll 2022 per awal Desember ada di kisaran 9 juta pelanggan.

“Besarnya pengguna ekosistem kami menandakan adanya kepercayaan besar terhadap layanan kami,” kata Kurniawan. Tentunya realisasi positif ini tidak didapat begitu saja. Diperlukan banyak upaya maksimal untuk bisa mendapat kepercayaan masyarakat. Sepanjang tahun 2022, tidak sedikit perbaikan layanan berkelanjutan yang dilakukan oleh IndiHome.

Yang menjadi salah satu fokus IndiHome adalah pemerataan akses internet yang menyeluruh. Karena itu pembangunan jaringan ke daerah menjadi salah satu fokus utama. Hingga penghujung tahun 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Dengan ini penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97 persen.

Dengan jangkauan yang makin masif, IndiHome mengedepankan #youarefirst, dalam memenuhi kepuasan pelanggannya di setiap ekspansi bisnisnya. Dari sisi produk, di tahun 2022 ini, IndiHome menegaskan diri sebagai provider internet optik fiber dengan layanan televisi interaktif terbanyak hingga 214 ragam channel dari 14 mitra over the top (OTT) seperti Netflix, Disney Hotstar, hingga Vidio. Dengan banyaknya mitra OTT yang tergabung dalam ekosistem IndiHome, pelanggan dimudahkan dengan kustomisasi layanan sesuka hati dan kemudahan pembayaran cukup melalui 1 billing saja.

Tidak hanya sebagai internet service provider dengan channel tv interaktif terbanyak saja. Setahun terakhir IndiHome terus berupaya meningkatkan kecepatan internet nasional. Dengan pangsa pasar (market share) internet fixed broadband nasional hingga lebih dari 80 persen, IndiHome terus berupaya meningkatkan peringkat kecepatan internet nasional. Setelah mendongkrak kecepatan internet nasional menjadi 30 mbps per akhir tahun lalu, tahun ini IndiHome menargetkan peningkatan kecepatan internet nasional secara rata-rata mencapai 40 mbps. “Ada hampir 3 juta pelanggan yang kami naikkan kecepatan internetnya secara gratis,” ujar E. Kurniawan. Neracabisnis.com/Helmi MZ

About Author: Helmi Hendiarto

Gravatar Image
Helmi Hendiarto MZ, adalah jurnalis yang memiliki pengalaman panjang baik di media cetak hingga kini menekuni dunia media online.